Liburan di Hari Lebaran, Bus Pariwisata Gratis Transjakarta Kembali Hadir

Must Read

Transjakarta kembali menghadirkan layanan dua rute bus wisata dan dua rute bus gratis hingga Sabtu pekan ini. Sementara MRT menawarkan promo-promo khusus.

JAKARTAVIEW.ID, – Pada libur Lebaran 2022, operator angkutan umum di Jakarta berupaya menghadirkan layanan dan program berbeda untuk menarik masyarakat menggunakan angkutan umum. Transjakarta kembali mengoperasikan dua layanan rute bus pariwisata, sedangkan MRT Jakarta menawarkan promo-promo kepada masyarakat.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Iwan Samariansyah, Selasa (3/5/2022), menjelaskan, dua rute bus pariwisata yang kembali dioperasikan Transjakarta adalah rute Jakarta Baru (BW2) dan rute Pencakar Langit (BW4). Dua rute ini kembali hadir melayani aktivitas dan mobilitas warga Ibu Kota.

Sebelum pandemi Covid-19, Transjakarta sudah mengoperasikan sejumlah rute bus pariwisata dengan sejumlah rute. Sejak pandemi Covid-19 merebak pada awal tahun 2020, layanan bus pariwisata dihentikan untuk memutus rantai penularan virus korona di sektor transportasi khususnya bus Transjakarta.

BACA JUGA:

Seiring kasus Covid-19 yang menurun di saat libur Lebaran, Transjakarta kembali menghadirkan dua rute layanan itu. Kedua layanan itu akan aktif mulai Selasa (3/5/2022) hingga Sabtu (8/5/2022).

Adapun kedua layanan tersebut mulai melayani masyarakat dari pukul 10.00 hingga 21.00. Kebijakan layanan bus pariwisata pun masih sama seperti sebelum pandemi, yaitu gratis.

”Namun, pelanggan yang ingin menikmati layanan ini tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out kartu uang elektronik (KUE) pada alat tap on bus (TOB) dengan tarif Rp 0,” kata Iwan.

Kembali hadirnya layanan bus pariwisata tersebut melengkapi dua layanan gratis Transjakarta yang sudah kembali hadir sejak hari Jumat (29/4/2022). Pada Jumat pekan lalu, dua rute layanan gratis yang kembali dioperasikan adalah rute Taman Intan-Museum Bahari (GR4) dan rute Kota Tua Explorer (GR5).

Kedua rute tersebut masuk ke dalam beberapa layanan yang sempat dihentikan sementara karena pandemi Covid-19. Sebagai rute yang kembali diaktifkan, layanan bus dengan kode GR itu memang gratis sama seperti layanan bus wisata. Hanya, layanan pada kedua rute tersebut dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00-16.00.

”Kami berharap reaktivasi rute ini dapat meningkatkan kemudahan pelanggan dalam akses transportasi,” kata Iwan.

Sementara itu, MRT Jakarta selama libur Lebaran juga berupaya menarik minat masyarakat menggunakan moda angkutan perkeretaapian perkotaan itu. ”MRT Jakarta menghadirkan beragam promo menarik untuk menunjang kegiatan masyarakat dalam bertransportasi publik selama libur Idul Fitri,” kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial.

Program tersebut di antaranya program harga spesial atau pemberian cashback gerai di stasiun untuk memberikan penumpang keuntungan tambahan saat berbelanja di tenant selama liburan Idul Fitri. Di antaranya di Auntie Anne’s, Alfamart, Chatime, dan Family Mart.

MRT Jakarta juga menghadirkan program cashback payment tiket dari mitra e-Wallet, di antaranya LinkAja, AstraPay, dan GoPay. ”Program untuk memberikan biaya perjalanan MRT yang lebih hemat selama liburan Idul Fitri,” kata Rendi.

Lainnya adalah program promo feeder atau moda pengumpan untuk mempermudah akses perjalanan dari atau menuju stasiun MRT selama periode liburan Idul Fitri dengan berbagai mitra MRT Jakart, meliputi Swoop, Bluebird, Tebengan, dan Grab.

”Selain itu juga ada program promo tempat wisata, mal, dan kuliner di sekitar stasiun MRT selama libur Idul Fitri di Moja, M Bloc, Taman Impian Jaya Ancol, hingga program gamifikasi Bedug Master berhadiah selama liburan Idul Fitri, serta kegiatan joyride dan music in station bersama komunitas,” kata Rendi, menambahkan.

Sumber: Kompas

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Menumpang Roket SpaceX, Korea Selatan Kirim Pengorbit ke Bulan

JAKARTAVIEW.ID, - Korea Selatan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022, meluncurkan pengorbit bulan yang pertama menyusul upaya Negeri Gingseng...
- Advertisement -

More Articles Like This