Mudik Naik Motor? Berikut Tips Aman Buat Para Traveler

Must Read

JAKARTAVIEW.ID, – Saat masa-masa mudik lebaran, sepeda motor menjadi pilihan berkendara mayoritas masyarakat Indonesia karena dinilai praktis dan efisien.

Dalam upaya mendukung keselamatan masyarakat Indonesia saat berkendara, maka PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) sebagai salah satu produsen motor terbesar di Indonesia akan berbagi beberapa tips mudik naik motor.

“Dalam kondisi saat ini, menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor sudah menjadi hal umum untuk dilakukan. Namun dalam berkendara, tetap penting bagi kita untuk dapat selalu menjaga keselamatan. Mulai dari memastikan kondisi fisik pengendara, memantau gaya berkendara dengan ECO riding, serta menjaga kondisi sepeda motor tetap prima dengan melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum berkendara. Kami harap seluruh masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya pemahaman cara berkendara yang tepat serta dapat mengaplikasikannya untuk mendukung keselamatan berkendara,” ujar Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, seperti dikutip Jakartaview.id, pada hari Senin (25/4/2022).

BACA JUGA:

Kondisi jalan saat ini semakin aktif dan ramai dipenuhi beragam kendaraan, mulai dari kendaraan kecil seperti sepeda motor, angkutan umum, mobil, hingga kendaraan muatan besar seperti truk, bus, dan sejenisnya. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kemacetan hingga rawan kecelakaan.

Oleh karena itu, para pengendara khususnya pengendara sepeda motor harus tetap mawas diri, dengan memastikan kondisi fisik dan motor tetap prima agar perjalanan dapat dilakukan dengan nyaman dan selamat sampai tujuan.

Berikut beberapa tips mudik naik motor yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan kondisi motor dalam keadaan prima

Lakukan pemeriksaan kondisi motor sebelum berkendara, seperti pengecekan oli, lampu dan kelistrikan, serta kondisi ban. Pastikan sistem penerangan berfungsi dengan baik untuk berkendara di malam hari.

2. Pastikan membawa surat-surat berkendara

Mendukung kenyamanan pengendara, pastikan selalu membawa dan memeriksa masa berlaku surat berkendara, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Menggunakan perlengkapan berkendara lengkap Selalu gunakan helm, jaket, sarung tangan, sepatu, masker, dan pakaian yang nyaman saat berkendara. Hindari menggunakan celana pendek dan sendal. Saat musim hujan, disarankan membawa jas hujan dengan model atasan dan celana.

3. Membawa barang secukupnya

Pengendara dapat membawa barang sesuai dengan kapasitas sepeda motor yang disarankan. Pengendara dapat memanfaatkan bagasi sepeda motor yang luas atau menggunakan Top Case Yamaha untuk membantu membawa muatan lebih banyak.

4. Patuhi peraturan lalu lintas

Keselamatan dimulai dari diri sendiri, maka diharapkan setiap pengendara disiplin mengikuti peraturan dan rambu lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

5. Pahami rute perjalanan

Pengendara wajib merencanakan rute perjalanan dan mencari informasi mengenai kondisi jalan yang akan dilewati sebelum mulai berkendara agar perjalanan lebih tenang dan tidak mengganggu pengendara lainnya. Jika pertama kali mengunjungi wilayah baru, jaga kecepatan berkendara.

6. Menjaga kondisi fisik tetap prima sebelum dan saat berkendara

Pastikan pengendara beristirahat cukup dengan tidur lebih awal dan menghindari alkohol sebelum melakukan perjalanan. Jika merasa lelah waktu perjalanan, disarankan berhenti untuk beristirahat setidaknya setiap 2 jam sebelum melanjutkan perjalanan.

Hati-hati di jalan dan ingat selalu untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

LAINNYA:

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Menumpang Roket SpaceX, Korea Selatan Kirim Pengorbit ke Bulan

JAKARTAVIEW.ID, - Korea Selatan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022, meluncurkan pengorbit bulan yang pertama menyusul upaya Negeri Gingseng...
- Advertisement -

More Articles Like This